Rabu, 18 Agustus 2010

belajar tak selamanya di bangku sekolah


Pembaca yang budiman, selama ini orang beranggapan bahwa orang yang tidak mengenyam pendidikan di bangku sekolah mereka tidak mempunyai masa depan. Dan saya pribadi tidak menyalahkan akan hal itu, karena memang tidak dipungkiri bahwa tingkat pendidikan seseorang akan mempengaruhi jalan hidup terutama dalam hal karir seseorang, bahkan sampai mempengaruhi pikiran/mental orang tersebut.

Misal, seorang anak petani yang keseharianya membantu ayahnya di sawah, tentunya anak tersebut tidak akan berfikir untuk menjadi seorang yang kantoran dan berdasi atau profesi lainnya.

Tapi tidak sedikit pula mereka yang justru tidak mengenyam pendidikan formal tapi mereka bisa sukses bahkan melebihi mereka yang bergelar sarjana atau lainya.
Apabila sang sarjana sibuk mencari pekerjaan yang sesuai dengan gelarnya, maka orang yang merasa tidak sekolah dan tidak mempunyai kualifikasi pendidikan tertentu, mereka akan sibuk bukan mencari pekerjaan (karena mereka sadar, mana ada perusahaan yang mau menerima karyawan seorang yang tak berpendidikan?) oleh karena itu, mereka cenderung mandiri, mencari usaha sendiri, dan bisa sukses diatas kakinya sendiri tanpa bergantung pada atasan.

oleh karena itu, tak selamanya sukses milik mereka yang berduit, sukses adalah milik semua orang asal ia mau berusaha untuk menggapai cita-citanya. namun akan lebih baik apabila ditunjang dengan ilmu pendidikan formal yang didapatkan dari sekolah.

salam sukses....

2 komentar: